HALAMAN

Senin, 28 Februari 2011

JAMBU KLUTUK OBAT ANTI VIRUS HIV

Jambu Klutuk alias Jambu Biji,meski cukup familiar di indonesia,sebenarnya asal tanaman ini berasal dari kawasan tropis di Amerika.Tanaman ini kemudian menyebar ke Malaysia,India,Sri Lanka,Vietnam,Indonesia,dan negara-negara di kawasan Pasifik lainnya.

Iklim tropis yang ada di indonesia menyebabkan tanaman ini tumbuh subur dan bisa berkembang di daerah manapun.Makanya,sekilas bila mendengar namanya,Jambu ini menunjukkan sebagai tanaman asli Indonesia.Padahal tidaklah demikian.

Menurut sejumlah literatur yang membahas obat-obatan tradisional,potensi obat yang tersimpan pada tanaman Jambu Klutuk sangat lengkap.Bukan hanya daunnya yang kaya zat-zat penyembuh,tapi juga buah,bunga,kulit batang dan akarnya,juga memiliki khasiat untuk ramuan obat.Hanya saja,selama ini memang belum banyak dimanfaatkan.

Dalam penelitian ahli medis,Jambu Klutuk diketahui memiliki sejumlah zat aktif yang bisa digunakan sebagai bahan obat.Terutama daunnya yang banyak mengandung minyak atsiri,asam ursolat,asam psidiolat,asam kratogolat,asam oleanolat,asam guava,dan beberapa vitamin terutama vitamin A,B,dan C.

Khusus daunnya,diperkirakan bisa mengandung hingga 9% eutenol,3% damar,dan kalsium oksalat.Akar dan kulit batang Jambu Klutuk bisa digunakan sebagai decoct atau infusum,obat diare,atau gastroenteritas (radang selaput lendir,lambung dan usus) terutama pada anak-anak.

Selain itu,batangnya dapat juga dipakai sebagai obat sariawan.Bahkan di pedesaan,seduhan campuran daun Jambu Klutuk dengan daun sirih sering digunakan untuk
mencuci vagina supaya tidak gatal-gatal karena bakteri.Juga untuk mengurangi lendir yang berlebihan.

Di Cina dan sejumlah negara Asia Tenggara lainnya,daun Jambu Klutuk sudah sejak lama dikenal sebagai obat.Bahkan,di Cina daun Jambu Klutuk sudah sejak lampau dipakai sebagai obat untuk penyembuhan penyakit radang usus,menghilangkan infeksi,penyembuh diare,disentri,sampai obat untuk menghentikan pendarahan.

Sementara itu,nenek moyang kita juga mewariskan suatu resep,yakni tumbukan daun Jambu Klutuk ampuh digunakan untuk menyembuhkan luka karena cedera,pendarahan serta bisul-bisul.

Beberapa kalangan medis dunia Internasional sekarang ini sedang giat meneliti,karena mencurigai buah Jambu Klutuk yang memiliki nama Latin Psidium Guava ini memiliki potensi untuk menghambat perkembangan virus HIV di dalam tubuh manusia.

Dan kalau penelitian para ahli medis ini benar tentang khasiat Jambu Klutuk sebagai penawar Virus HIV,dulu puluhan ahli kesehatan dari sebuah Fakulitas Kedokteran di Amerika sedang mengembangkan senyawa aktif yang bisa menghambat perkembangan virus HIV.

Prof.Yang Ling Ling,ketua Tim peneliti tersebut mengatakan bahwa timnya telah menemukan senyawa flabvonoid dari beberapa tanaman termasuk Jambu Klutuk yang bisa menghambat perkembangan HIV.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar